Sunday 8 March 2015

Analisis data statistik



Maaf juragan sekalian, baru nongol kembali setelah sekian lama tak bersua he he he
Setelah melihat data statistik ane yang mengunjungi blog, ternyata banyak juga yang mencari tahu tentang jenis data dalam statistik. Hal ini mendorong ane kembali menulis tentang statistik pada kesempatan kali ini. Sebagai newbie ane yakin para juragan sekalian lebih banyak mencari hal yang simple dalam memahami dunia statistik. Hal ini ane ambil kesimpulan setelah melihat banyaknya yang melihat postingan ane tentang jenis data dalam statistik, padahal menurut ane hal ini adalah mendasar sekali, pasti dalam setiap buku statistik atau penilitian akan membahas hal ini, akan tetapi ternyata ane keliru banyak juga yang masih harus mencari referensi hal mendasar tersebut dari internet.
Baiklah langsung saja,
sebenarnya ada hal mendasar lainnya yang perlu diketahui selain jenis data dalam statistik, yaitu mengenai analisis data. Dalam statistik dikenal dua jenis analisi penelitian/data yakni analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Sesuai dengan namanya tentunya analisis kualitatif sangat erat hubungannya dengan kualitas atau deskriptif sedangkan kuantitatif berhubungan dengan kuantitas atau angka-angka. Dalam perkembangannya analisis penelitian ini ada juga yang menggabungkan antara keduanya yakni analisis kuantitatif kualitatif, tergantung juga dari permasalahan atau kasus yang dihadapi.
Analisis Kualitatif
Analisis kualitatif umumnya dilakukan didunia bidang social, karena memang hal yang bersifat sosiologis akan lebih banyak mendapatkan data berupa parameter deskriptif. Data dalam analisis kualititatif biasanya bersal dari berupa kata-kata atau kalimat atau gambar yang memeiliki arti atau interprestasi yang lebih kaya dibandingkan dari sekedar angka atau frekuensi. Data sangat dimungkinkan berupa angka-angka kuantitatif, namun angka-angka tersebut dipakai sebagai fakta bukan sebagai pembuktian.
Contoh data kualitatif : sangat baik, baik, jelek, Rajin, malas , laki-laki, perempuan dll.
Kesimpulan dari analisis kualitatifpun bisa hanya berupa kalimat dari hasil pengamat yang telah dilakukan dengan disertakan bukti-bukti tanpa harus mengggunakan angka-angka.
Analisis Kuantitatif
Analisis kuantitatif merupakan prosedur menganalisis dalam penelitian yang datanya berbentuk atau berasal dari data kuantitatif berupa angka-angka. Data yang berupa angka tersebut akan dijadikan sebagai landasan pembuktian suatu masalah atau memvalidasi suatu perumusan masalah yang sebelumnya secara teoritis jawaban sementaranya diwijudkan dalam bentuk hiptesis. Dimana hipotesis tersebut akan kita uji dengan menggunakan analisis kuantitatif parametrik dan nonparametrik.
Statistik parametrik biasanya digunakan ketika sampling datanya berukuran besar, ukuran data sampling besar ini menurut sujana,1992 dimana n > 30. Sedangkan untuk statistik nonparametrik akan tepat digunakan apabila ukuran sampling datanya relative kecil.
Sementara sampai sini dulu ya gan, nanti akan kita bahas tentang instrument dan uji validitas data.

Salam statistika

0 comments:

Post a Comment