Friday 2 May 2014

Mengenali Potensi Diri

Bagaimana kabar blogger semua ?, semoga semua selalu sehat yah . . .
Sebelumnya mohon maaf dengan sangat, karena sudah lama sekalai saya tidak menuangkan uneg-uneg. Hal ini dikarenakan kesibukan saya yang harus ke daerah bertemu customer dan masih tetep memberikan motivasi kepada anak-anak SMA yang akan menempuh ujian. Sebenernya bukan suatu alasan juga sich, tetapi lebih karena malas he he he he he

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman dan sharing pengetahuan "mungkin nanti ada yang lebih tahu bisa menambahkan" mengenai tentang Menggali Potensi Diri. Jujur saja saya bukan orang yang ahli dalam menggali potensi diri saya tetapi tanpa saya sadari ternyata saya diam-diam menggalai potensi saya he he he mungkin lebih tepatnya "Tersesat Pada Jalan Yang Benar".


Kegemaran saya berbicara didepan umum sebenernya sudah terlihat sejak kecil, kata babe ane. Mungkin juga karena pengaruh keturunan dari babe ane mungkin, karena babe ane seorang penceramah gitu di desa. Tetapi saya benar-benar suka itu saat aktif di pramuka tepatnya kelas satu SMA. Ketika aktif di pramuka inilah saya aktif berbicara di depan publik, mengajar , bermain dan sebagainya. Tetapi puncaknya adalah ketika saya diangkat menjadi ketua OSIM ( Organsasi Siswa Intra Madrasah ). Entah kenapa sejak saat itu banyak temen-temen yang selalu curcol bahkan dengan sengaja curhat denganku, dan katanya selalu mendapatkan solusi. mungkin profesiku saat itu semacam dukun perasaan kali ya . . he he he he
Anehnya lagi adik tingkat ane, mengadakan kegiatan dikelasnya semacam motivator masuk kelas gitu dan ane yang dijadiin motivatornya. Hal ini berlangsung sampai saya sekolah, dan sampai sekarang dimana saya udah poenya anak bini. Akan tetapi makhlum saja guys . ., setelah saya resign dari Nasmoco Toyota, Teh botol sosro, BPR, SGB (Solid Gold Berjangka) dan terakhir dari BATAN dan sekarang terdiam di perusahaan minyak milik negara , masih juga pada calling ane hanya saja kadang berbenturan dengan jadwal ane gan. Moment yang tidak pernah akan terlupakan adalah yaitu ketika pertama kali aku diundang secara Konstitusional he he he ke kampus ane sendiri untuk memberikan Tips dan Trik menakhlukkan dunia kerja dalam satu waktu ngisi dua acara yaitu ama Bedas Skripsi dan Tugas Akhir.

Walapaun dengan kesibukan yang padat merayap, akhirnya saya bisa membagi waktu juga sekarang dan alhamdulillah jalan semua. Saya ada kost di Semarang ( jadi ane sekarang berasa tuirr banget jadi bapak kost), usaha bini ane yang tergabung dalam ShineZone Corp, dan kesibukan ane sendiri memberikan motivasi dan berbagi ilmu masih jalan gan, alhamdulillah ternyata masih dibutuhkan banyak orang he he he
Baiklah dari cerita saya yang gak karuan ini, makhlum baru bangun tidur ini tadi langsung megang laptop karena mimpi ada orang yang nyuruh ane update weblog ha ha ha ha, ada beberapa hal yang bisa kita review/refleksikan . .

1. Bahwa apa yang kita sukai belum tentu baik buat kita begitu sebaliknya, karena Allah tahu yang terbaik untuk kita.
2. Tanpa kita sadari sebenernya potensi yang bisa dikembangkan dalam diri kita, sudah terlihat semenjak kita kecil sehingga lebih afdhol kalau yang mengidentifikasi adalah diri kita sendiri,
3. Pilih tujuan hidupmu yang menurut kamu itu terbaik buat kamu, bukan karena mengikuti trend. ( ada contoh menarik dulu di desa ane, pada berbondong-bondong daftar kuliah jurusan bahasa jawa karena ada rumor yang mengatakan bahwa bahasa jawa akan ada sampai pada tingkat SMA dan wajib sehingga peluang jadi PNS lebih terbuka lebar, Alhasil kebijakan tersebut tidak terwujud dan banyak sarjana bahasa jawa ngajar jadi guru kelas di SD/MI )
4. Menjalin silaturahmi, karena kita tidak akan bisa sukses sendiri, selalu ada orang yang mendukung jadi harus menjalin silaturahmi.
5. Nekat, Tugas kita adalah berusaha masalah hasil adalah urusan Allah.

Sementara mungkin lima doloe ya guys, ada beberapa tips dan trik nanti yang akan aku samoaikan terkait bagiamana menembus dunia kerja berdasarkan pengalaman ane gan he he he alhamdulillah jitu, kata kolega ane he he he he. Maaf niech bau badan sudah tingkat wahid, paling tidak sudah memenuhi janji dalam mimpi untuk update weblog. Jangan lupa kasih comment yaa . ..

Salam sehat selalau

0 comments:

Post a Comment