Friday 2 July 2010

PTK (Penelitian Tindakan Kelas) for SD

Metode Belajar Kelompok
Untuk menunjang keberhasilan pembelajaran  perlu digunakan metode yang sesuai dengan aspek yang menjadi bahasan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menggali kemampuan berbicara untuk menceritakan atau menjelaskan isi gambar adalah metode kerja kelompok. Menurut Prasetyo metode kerja kelompok adalah suatu metode dimana siswa di dalam kelas dipandang sebagai suatu kelompok atau dibagi menjadi beberapa kelompok. Menurut R.L. Gilstrap dan WR Martin kerja kelompok sebagai kegiatan kelompok siswa yang biasanya berjumlah kecil yang diorganisir untuk kepentingan belajar. Menurut Ulin Bukit Karo Karo ( Prasetyo , 2003 ) metode kerja kelompok adalah suatu cara menyajikan bahan pelajaran dimana guru setelah mengelompokkan siswa menyuruh siswa mengerjakan tugas tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Alasan –alasan perlunya seorang guru menggunakan metode kerja kelompok didasari oleh rasionalitas sebagai berikut :
  1. Siswa sebagai individu memiliki kemampuan yang berbeda – beda. Melalui kerja kelompok diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan prestasi terutama bagi siswa yang nilai belajarnya rendah.
  2. Kerja kelompok sangat bermanfaat untuk menyalurkan dan mengarahkan kreatifitas belajar siswa sesuai dengan kemampuannya.
  3. Mengingat banyaknya persoalan yang tidak dapat dipecahkan sendiri maka metode kerja kelompok sangat sesuai untuk saling memberi dan menerima antar siswa.
  4. Proses dan hasil yang diperoleh dari kerja kelompok lebih kaya, variatif , dan komprehensif. Siswa memperoleh kesempatan yang luas untuk berbicara menceritakan sesuatu atau berekspresi sehingga metode kerja kelompok dapat merangsang siswa untu aktif dalam proses pembelajaran.
Pelibatan partisipasi siswa secara penuh dalam proses pembelajaran, bahwa belajar harus memiliki makna bagi peserta didik. Pengorganisasian bahan dan ide baru harus dalam kerangka memberi makna kepada peserta didik. Di lain pihak belajar yang optimal akan terjadi manakala peserta didik berpartisipasi penuh serta memiliki tanggung jawab dalam bekerja.

0 comments:

Post a Comment